RSS Feed

MAKNA AKAN SUMPAH PEMUDA

sumpah 2Pada tanggal 28 Oktober kemarin disekolahku memperingati hari Sumpah Pemuda yang bersamaan dengan Ujian Tengah Semester (UTS).Pada saat upacara itu yang di bina oleh selaku kepala madrasah MTsN Malang III yaitu Drs.Samsudin,M.Pd,dalam amanat upacara itu semua siswa-siswi madrasah di nasehati agar kita dalam kehidupan sehari-hari harus bersikap solidarisme ,memperjuangkan tanah air oleh semua generasi muda.
81 tahun silam tepatnya di Gedung Indonesiche Club,di jalan Kramat Raya 106 Jakarta,pada tanggal 27-28 Oktober 1928,yang di ketuai oleh Sugondo Joyopuspito,kongres pemuda ini menghasilkan keputusan-keputusan yang sangat penting untuk modal perjuangan para generasi-generasi muda selanjutnya.
Yang harus teman-teman tau kongres pemuda ini sangat penting bagi terbentuknya identitas sebagai bangsa Indonesia yang berwujud:
Bertanah air satu tanah air Indonesia
Berbangsa satu bangsa Indonesia
Berbahasa satu bahasa Indonesia
Memang ketiga kata-kata ini sangatlah singkat ,kita bisa memahami ketiga kata itu dengan mudah,akan tetapi itu sangat sulit bagi kita generasi muda untuk melakukanyanya dengan setulus hati dan dalam kehidupan sehari-hari.
Semua masalah yang di berikan oleh Tuhan kepada kita pasti ada jalan keluarnya .Dalam surat Al-Insyiroh Alloh SWT berfirman jika didalam kesulitan itu pasti beserta kemudahan.Maka, sebagai generasi muda kita harus mempunyai semangat juang yang menggebu demi tumpahan darah kita.
Tapi entah mengapa semangat generasi muda yang sangat membara berubah menjadi arang-arang yang tak berguna,apakah ini petanda bahwa Tanah Air kita akan mengalami masa-masa yang sangat pahit,seperti yang dirasakan oleh para pahlawan yang telah gugur,di dalam benak mereka berharap agar kita terus mempunyai semangat juang demi tanah air tercinta.Mereka menitipkan hasil-hasil perjuangan melawan penjajah dan mereka memohon agar apa yang dititipkan kepada kita tidak sia-sia tanpa guna begitu saja.
Berjuang membela Tanah Air tidak harus dengan kemukakan di tempat umum,didepan Istana Merdeka,didepan gedung-gedung DPR/MPR,ataupun di depan para mentri Negara,tetapi juga bisa dilakukan mulai hal yang terkecil dulu yaitu di lingkungan keluarga lalu di lingkungan sekolah lalu masyarakat/umum ,kemudian bangsa Indonesia.
Maka peristiwa pentingnya kongres pemuda bagi Bangsa Indonesia di tetapkanlah pada setiap tanggal 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: